Sabtu, 27 Desember 2014

Penerapan e-Goverment di Indonesia

E-Goverenment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

Manfaat  E-Goverment

1.       Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.

2.       Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.

3.       Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.

4.       Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce.

Contoh Penerapan E-Goverment

Contoh yang saya ambil adalah web portal pemerintahan Jakarta. Dimana pada web portal tersebut terdapat berbagai macam layanan yang memudahkan warga Jakarta mendapatkan info langsung dari Pemerintah.

Gambar Tampilan Web Portal Pemerintah Jakarta

Pada tombol pengaduan masyarakat warga akan menemukan kontak yang bisa hubungi oleh warga tersebut, kontak yang  bisa dihubungi antara lain Facebook, Twitter, Call Center 164, SMS center, dan bisa via E-mail. Pada layanan perizinan warga akan menemukan beberapa tata cara perizinan misalnya penerbitan e-KTP, perizinan impor, izin usaha dan lain-lain. Pada informasi keuangan, warga bisa melihat laporan keuangan pemerintahan Jakarta, informasi APBD dan informasi TPAD. Pada informasi publik warga akan mendapatkan informasi yang berguna untuk publik misalnya rute trans Jakarta, info fasilitas olahraga dan masih banyak lainnya. Pada statistik Jakarta warga bisa melihat statistik seperti inflasi,angka pertumbuhan dan lain-lain yang terdapat pada wilayah Jakarta. Pada informasi pajak dan retribusi warga dapat mengetahui tarif pajak kendaraan bermotor, reklame dan lain-lain. Pada layanan publik, warga mendapat informasi tentang informasi kependudukan misalnya informasi pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga dan lain-lain. Pada sub domain, warga akan menemukan link-link website yang berkaitan dengan wilayah Jakarta misalnya web portal wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan instansi-instansi yang berada dalam naungan Pemprov DKI Jakarta. Pada Jakarta Smart City warga akan mendapatkan informasi seperti titik macet di Jakarta, informasi Banjir secara Real-Time dengan menampilkan peta wilayah Jakarta. Pada rencana strategis warga Jakarta akan mendapatkan informasi mengenai rencana strategis yang akan dijalankan oleh pemerintahan Jakarta untuk tahun-tahun mendatang.
Dengan adanya e-Goverment web portal Pemprov Jakarta ini tentu warga akan sangat terbantu dalam banyak hal. Sayangnya tidak semua warga Jakarta dapat mengakses website dikarenakan berbagai macam kendala.

Sumber: http://jakarta.go.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar