Minggu, 13 Juli 2014

Kriteria Presidenku

1. Bekerja Keras, dan Memiliki Tanggung Jawab yang Besar

Ini sudah menjadi suatu syarat mutlak bagi seorang Presiden. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak memiliki tanggung jawab, dan kerja keras dapat memimpin suatu Negara ? Dan jika itu terjadi, bagaimanakah nasib Negara tersebut ?

Di Indonesia, para pemimpinnya kurang bekerja keras dan terkadang tidak mau bertanggung jawab. Itulah sebabnya, mengapa Indonesia kurang sukses, mengingat Negara kita ini adalah Negara yang sangat potensial.

2. Bisa Membentuk Kerjasama yang Sangat Baik dengan Semua

Tanpa adanya kerjasama,organisasi sekecil apapun tidak akan sanggup untuk berjalan, apalagi ini bukanlah organisasi biasa, ini adalah sebuah Negara. Oleh karena itu, setiap pemimpin Negara, dituntut untuk dapat bekerjasama dengan semua yang terlibat dalam pembentukan Negara tersebut, dan menjaga jangan sampai terjadi perpecahan.

Kerjasama ini juga bisa dilakukan dengan Negara lain, dengan catatan kerjasama tersebut tidak merugikan kedua pihak.

3. Bersedia Menjalankan Janji pada saat Kampanye

Janji adalah hutang, dan itu semua harus dibayar dengan sebuah upaya dan kerja keras. Seorang pemimpin pasti akan berusaha untuk memenuhi janjinya, meskipun janji tersebut belum bisa terselesaikan secara maksimal, tapi setidaknya ada usaha yang mengiringinya.

Namun itu semua jarang sekali terjadi di Indonesia, kebanyakan pemimpin tidak mau menjalankan Janji mereka. Mereka mejadi pemimpin semata-mata hanya untuk gengsi dan materi belaka.

4. Memaksimalkan Potensi yang Dimiliki oleh Negara Kita ini

Memang, ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan di Indonesia, mengingat luas Negara kita yang sangat besar, sehingga menyulitkan untuk mengawasi seluruh wilayah Indonesia. Tapi itu bukan berarti tidak mungkin. Presiden Indonesia harus mampu memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki.

Bayangkan, Jika seluruh wilayah Indonesia ini sudah modern, pelosok negri tidak lagi tertinggal, dan peralatan komunikasi dan yang lainnya sudah tercukupi, serta jika seluruh rakyat Indonesia yang kini hampir berjumlah setengah milyar dapat menjadi orang yang berkecukupan, dan memiliki pekerjaan tetap. Mungkin Indonesia akan bisa menjadi kiblat baru perekonomian dunia, menjadi Negara Adidaya.

5. Mengutamakan Pendidikan yang Murah dan Bermutu

Memang sekarang telah digalakkan program wajib belajar 9 tahun dengan banyak sekolah yang tidak mengharapkan biaya sepeser pun. Namun itu semua tidak diikuti dengan kualitas pendidikan yang baik, dan infrastruktur sekolah yang memadai.

Jika memang kualitas pendidikan di Negara kita ini sudah baik, kenapa masih banyak anak-anak yang putus sekolah ? Kenapa anak-anak Indonesia kurang mampu bersaing di level Internasional ?

Ingat, pribadi, watak, serta kecerdasan seorang anak itu sudah ditentukan semenjak masih sangat belia. Jika saat usia mudia anak-anak Indonesia tidak dididik dengan baik, sangat kecil kemungkinan Bangsa Indonesia bisa maju.

6. Mengutamakan Kepentingan Umum, Jauh di atas Kepentingan Pribadi

Seorang Presiden harus mau peduli dengan nasib rakyatnya, mereka harus mencoba menjadi rakyat jelata, sehingga mereka bisa mengerti bagaimana rasanya hidup menjadi rakyat jelata, dan bagaimana kerasnya hidup ini.

Mungkin tidak ada Presiden yang awalnya terlahir sebagai rakyat biasa, dengan hidup yang pas-pas an, kalaupun ada itu sangat jarang. Dan biasanya mereka juga akan melupakan bagaimana hidup sebagai rakyat biasa ketika mereka telah diangkat menjadi Presiden.

Menjadi pemimpin yang baik harus dimulai dari tingkatan yang paling kecil, itu untuk memberi mereka pengalaman dan gambaran mengenai apa yang harus mereka lakukan untuk ke depannya.

7. Melindungi Berbagai Macam Flora dan Fauna yang Terancam Punah

Sekarang telah banyak dibuat UU tentang perlindungan hewan dan tumbuhan, tapi itu semua menurutku tidak berjalan maksimal. Masih banyak orang di luar sana yang bebas berkeliaran untuk memburu hewan-hewan tersebut, sehingga banyak yang mati dan akhirnya punah.

Sangat disayangkan memang jika semakin banyak lagi hewan maupun tumbuhan khas Indonesia yang punah. Jikalau mereka belum punah, ini bisa dibentuk semacam kebun binatang, sehingga menarik minat para wisatawan untuk berkunjung, dan itu bisa menambah devisa Negara.

8. Membangun Bangsa Indonesia yang Mandiri

Menurutku Negara kita masih banyak bergantung pada Negara lain, ini bisa dilihat dari banyaknya barang Import di Negara kita. Seperti mobil, alat komunikasi, bahkan terkadang beras pun Indonesia masih mengimport dari Negara tetangga, padahal kita terkenal sebagai Negara agraris.

Presiden yang saya harapkan harus mau mencoba membangun Bangsa Indonesia yang mandiri, mungkin bisa dengan cara mengirimkan sebagian penduduk Indonesia untuk menuntut ilmu di Negara yang lebih maju.

9. Peduli Terhadap Lingkungan

Apa jadinya jika Presiden kita tidak peduli terhadap lingkungan ? Tentunya Negara kita akan jadi semakin kotor. Indonesia sekarang ini bisa dikategorikan sebagai Negara dengan jumlah sampah terbanyak di dunia. Lihat saja, banyak sekali sungai-sungai di Indonesia yang permukaannya sudah tertutup oleh sampah, dan pemerintah kita tidak segera bertindak untuk mengatasinya.

Banyak orang mengatakan bahwa kepedulian terhadap lingkungan berawal dari kesadaran di sendiri. Itu memang benar, namun seorang Presiden harus bisa menjadi panutan dan menjadi yang menyadarkan bagi rakyatnya untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

10. Ikut Memberantas Korupsi

Bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa Indonesia adalah salah satu Negara dengan tingkat kasus korupsi terbanyak di dunia, dan yang lebih ironis, angka itu tidak semakin menurun, melainkan semakin naik.

Itu juga salah satu sebab bangsa Indonesia belum bisa menjadi bangsa yang maju, uang Negara dipakai untuk kepentingan pribadi, bagaimana Indonesia bisa menjadi Negara bisa jika keadaannya terus seperti ini ?

Ini adalah tugas yang sangat berat yang harus diemban oleh Presiden kita kelak, namun saya percaya, jika Presiden tersebut terus berusaha untuk mencoba, pasti akan berhasil.

11. Dapat Mengambil Keputusan dalam Keadaan yang Sesulit Apapun

Misalkan suatu ketika Indonesia dilanda oleh sebuah tragedy alam yang sangat dahsyat, Presiden Indonesia waktu itu harus dapat mengambil keputusan terbaik untuk kembali membuat bangsa Indonesia stabil, baik dari segi ekonomi,maupun yang lainnya.

Di dalam kasus di atas, kita dapat mencontoh otoritas pemerintahan Jepang. Saat mereka diterjang tsunami dahsyat, mereka tidak terlalu mengharapkan uluran tangan dari para dermawan, mereka mencoba untuk bangkit senditi. Dan itu semua dimulai dari pemimpin mereka.

12. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Kunci dari kritera-kriteria yang saya sebutkan di atas sebelumnya ada pada kriteria yang ini, yaitu Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Seorang manusia tidak akan bisa berguna tanpa bantuan-Nya, dan semua tenaga serta pikiran kita juga berasal dari Tuhan. Oleh karena itu, kita harus rajin beribadah dan bersyukur, agar kelak kepemimpinan kita diridhai oleh Tuhan.


Hanya ini menurut saya kriteria untuk presiden Indonesia di masa depan. Semoga dapat berguna untuk menemukan orang tersebut, dan dapat membawa Indonesia menjadi Negara yang maju dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar